Langsung ke konten utama

5 Tips Menghadapi Siswa Malas dan Nakal di Dalam Kelas

5 Tips Menghadapi Siswa Malas dan Nakal di Dalam Kelas
Ilustrasi Kondisi Belajar yang Kondusif dan Kerjasama (Sumber : Dokumen Penulis)
Di dalam suatu kelas kadang ada satu atau dua orang siswa yang nakalnya sangat mengganggu kegiatan belajar mengajar. Apabila dibiarkan terus menerus akan mengganggu konsentrasi guru dalam menyampaikan materi atau bahkan memancing emosi dari guru yang bersangkutan. Dan dampak yang paling buruk adalah kenalakalan siswa tersebut dapat  mengganggu siswa lain yang ingin serius belajar.

Menguasai kelas adalah langkah awal agar kegiatan belajar belajar mengajar dapat berlangsung dengan baik. Bayangkan kalau dalam satu kelas semua siswa bertindak tanpa memperhatikan/menghiraukan guru yang sedang menjelaskan di depan kelas, pasti materi yang telah dipersiapkan matang-matang tidak akan tersampaikan ke siswa. Bahkan akan mengganggu ketertiban sekolah dan kelas lainnya yang sedang belajar.

Menguasai kelas memang bisa dikatakan gampang-gampang sulit. Dikatakan gampang kalau di dalam kelas tersebut terdiri dari anak-anak yang baik, pasti mereka akan menurut dan memperhatikan gurunya. Dan dikatakan sulit apabila di dalam kelas ada siswa yang nakal dan mempengaruhi siswa yang lainnya.

Nah bagaimana cara mengatasi kelas yang terdapat siswa nakal agar kegiatan belajar mengajar berlangsung dengan baik? Berikut ini disajikan berdasarkan pengalaman pribadi penulis.

1. Pindahkan posisi tempat duduk siswa yang nakal ke bagian paling depan
Posisi duduk di posisi terdepan akan membuatnya sulit untuk mengumpat atau mencuri kesempatan untuk ribut ataupun mengganggu teman. Dia akan mengikuti pelajaran karena selalu diperhatikan oleh guru.

2. Lemparkan pertanyaan kepada siswa yang nakal
Biasanya siswa yang nakal sangat tidak nyaman jika dilempar pertanyaan-pertanyaan. 
Dengan selalu melemparkan pertanyaan saat dia berulah, maka dia berangsur-angsur akan tenang agar tidak dilempar pertanyaan oleh guru yang bersangkutan.

3. Arahkan pandangan ke anak yang nakal
Pandangan ke anak nakal saat berulah di kelas merupakan tindakan yang bisa membuat dia sedikit terdiam dan menyadari apa kesalahannya. Namun siswa yang nakalnya berlebihan tidak akan peduli jika hanya dipandang, guru dapat memandang dan memberikan teguran keras jika dia tidak mengerti maksud dari pandangan guru.

4. Menyuruhnya ke depan kelas untuk menulis, menjelaskan pelajaran
Pada saat menjelaskan materi pelajaran, si anak nakal berulah, maka guru dapat menyuruhnya ke depan kelas mengerjakan atau menulis apa yang telah dijelaskan. Dengan demikian dia akan mulai menyadari kesalahannya karena selanjutnya dia tidak akan mau disuruh ke depan lagi.

5. Menyuruh Siswa yang paling disegani di kelas untuk mengamankan kelas
Terkadang dalam satu kelas, ada satu dua orang siswa yang diakui sebagai orang tertua atau disegani diantara yang lain. Biasanya apa yang disampaikan oleh orang tertua akan dilaksanakan oleh teman-temannya. Maka kita boleh meminta bantuan siswa tersebut untuk mengamankan kelas, misalnya ketika guru ke luar ruangan saat ada urusan, Siswa yang demikian biasanya adalah siswa yang tertua, bisa saja sebagai ketua kelas atau anak yang memiliki jiwa kepemimpinan dan disegani siswa lainnya.

Diatas semua cara-cara tersebut, tentunya sebagai guru kita harus mampu mengendalikan diri agar tidak emosi saat menghadapi siswa nakal dan memberikan didikan yang benar tanpa melakukan tindakan fisik. Sekeras apapun kenakalan siswa yang kita hadapi, pendekatan sosial dan bimbingan, akan dapat merubahnya menjadi lebih baik.

Demikian tips ini semoga dapat diterapkan oleh sahabat guru dalam mengajar. Tips ini untuk kalangan pribadi berdasarkan pengalaman pribadi penulis.Terimakasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menentukan Letak Astronomis suatu Wilayah pada Peta

Letak atau Lokasi suatu wilayah berdasarkan lintang dan bujur disebut dengan letak astronomis. Garis Lintang 0 0 disebut dengan garis Khatulistiwa (equator) yang membagi bumi menjadi bagian utara yang disebut dengan Lintang Utara (LU) dan bagian selatan yang disebut dengan Lintang Selatan (LS). Garis lintang menjadi dasar pembagian iklim yang didasarkan pada sudut datang matahari, sedangkan garis bujur 0 0 yang berada di kota Greenwich membagi belahan bumi menjadi belahan bumi Barat yang dikenal dengan Bujur Barat (BB) dan belahan bumi Timur yang dikenal dengan Bujur Timur (BT). Garis bujur 0 0 yang dipergunakan sebagai dasar pembagian waktu di berbagai wilayah (negara). Garis lintang dan bujur merupakan garis khayal artinya kita tidak menjumpai garis ini secara nyata di bumi. Garis Lintang kenampakannya horizontal, sedangkan Garis Bujur kenampakannya vertikal pada peta atau globe. Berdasarkan konsep Geografi, letak/lokasi terbagi dua yaitu letak absolut dan letak relat...

Tips Pasang Lampu/Pompa Air dengan Dua Saklar

Sahabat blogger, memasang saklar lampu mungkin sudah hal biasa bagi sebagian besar ahli listrik atau orang yang mengerti pemasangan instalasi. dan tentunya bukan hanya orang tamatan teknik kelistrikan yang mampu memasang saklar, tetapi juga orang biasa yang belajar dengan serius. Kalau kita memiliki pengetahuan memasang saklar maka tentunya akan mengurangi biaya upah tukang PLN atau orang yang ahli kelistrikan bukan.  Namun ada situasi dimana kita dituntut memasang dua saklar tapi setiap saklar tersebut bekerja tanpa tergantung pada saklar lainnya. Misalnya lampu (X) bisa dihidupkan dan dipadamkan dengan saklar A, dan juga bisa dihidupkan dan dipadamkan dengan saklar B. Jangankan lampu, satu pompa air yang dipasang di satu rumah yang satu dinding bisa dipakai oleh pemilik rumah tetangga dengan bak/penampungan yang sama. Hal ini akan mengurangi biaya pembelian pompa air bukan?. Prinsip saklar adalah memutuskan dan menghubungkan arus listrik dari PLN atau sumber day...

Mengubah Skala Garis Menjadi Skala Angka

Topik tentang skala merupakan bagian yang tak terpisahkan dari sebuah peta. Gambaran permukaan bumi yang relatif luas dapat digambarkan di sebidang kertas karena diperkecil dengan menggunakan skala tertentu, tergantung berapa kali luas yang sebenarnya diperkecil dan seberapa besar peta yang akan digambar. Semakin kecil peta yang akan digambarkan maka skalanya akan semakin besar, demikian sebaliknya. Misalnya sebuah peta X yang akan diperkecil 4x skala nya akan lebih besar dibandingkan peta yang diperkecil 2x. Skala adalah perbandingan jarak di peta dengan jarak sebenarnya/sesungguhnya di lapangan. Jadi dapat dirumuskan sebagai berikut : Untuk mencari jarak sebenarnya (JS) jika diketahui jarak pada peta (JP) dan skala (SK) adalah jarak pada peta dikali dengan penyebut skala. JS = JP x SK sedangkan mencari jarak pada peta (JP)  jika diketahui jarak sebenarnya(JS) dan skala (SK) adalah jarak sebenarnya dibagi penyebut skala. JP = JS/SK Skala yang sering dijumpai pada pe...