Langsung ke konten utama

Pendidikan Model Daring di Masa Pandemi Covid-19 Sejatinya Hanya Berlaku di Kota


Tahun 2020 merupakan tahun yang sangat mengkhawatirkan bagi seluruh negara di dunia. Di tahun ini semua negara di dunia dihadapkan pada situasi pandemi virus corona (covid-19). Negara maju maupun negara berkembang berjuang keras untuk mengatasi penyebaran virus ini dengan berbagai langkah dan kebijakan. Semua negara di dunia sama-sama terkena dampak baik dampak sosial, ekonomi dan pendidikan.

Dampak dalam bidang pendidikan sendiri telah menimbulkan ketakutan bagi kalangan peserta didik dan orangtua. Kekhawatiran orangtua dalam melepas anaknya ke sekolah di masa pandemi ini, menjadi alasan pembelajaran tatap muka dihentikan. Pembelajaran Luring telah diganti dengan pembelajaran Daring agar meminimalisir penyebaran covid19 di lingkungan sekolah.

Pembelajaran moda daring memang salah satu upaya yang dapat ditempuh untuk menghindari tatap muka. Akan tetapi banyak kelemahan pembelajaran model ini diantaranya adalah pembelajaran model daring kurang efektif karena antara pendidik tidak dapat secara langsung melihat kinerja peserta didiknya. Dengan kata lain, peserta didik hanya duduk menatap komputer/HP tanpa ada pengawasan dari pendidiknya.

Selain itu, kelemahan pembelajaran model daring yang paling terasa adalah ketidakmerataan akses listrik dan internet di seluruh wilayah.

Di Indonesia dengan kondisi daerah yang masih banyak di daerah tertinggal, sangat sulit menerapkan model pembelajaran ini. Jangankan akses internet, listrik saja belum tersentuh desa-desa di Indonesia terutama di wilayah Papua dan Papua Barat.

Akhirnya apabila pembelajaran model daring harus diterapkan di seluruh Indonesia, maka dapat dipastikan anak-anak di kota lah yang semakin pintar dan anak-anak di desa terutama 3T (terdepan, terluar, tertinggal) akan semakin bodoh.

Hingga kini vaksin untuk mencegah penyebaran virus ini belum ditemukan. Maka dipastikan pembelajaran model daring akan diterapkan sembari menunggu adanya temuan vaksin.

Jadi sangat diperlukan kebijakan pemerintah dalam mencegah timbulnya ketimpangan di bidang pendidikan ini. Jangan sampai pandemi Covid 19 akan menjadikan anak-anak yang tinggal di daerah-daerah 3T tidak menikmati belajar dalam waktu yang relatif lama.

Masyarakat juga harus menanamkan kesadaran pentingnya protokol kesehatan. Jika tidak disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan, dapat diprediksi penyebaran penyakit ini akan terus berlanjut dan yang tertular akan bertambah.

Jadi pada intinya di tengah upaya pemerintah dan masyarakat mengatasi penyebaran virus Covid 19 di bidang pendidikan dengan menerapkan pembelajaran daring, harus ada tindakan alternatif untuk daerah 3T atau daerah yang belum ada akses internet/listrik. Pembelajaran model daring sejatinya hanya cocok diterapkan di kota.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

JAM DIGITAL DOT MATRIX DENGAN NTP SERVER

JAM DENGAN NTP SERVER Berikut ini file dalam bentuk ino yang dapat dimasukkan ke wemos d1 mini. Bisa dibuka dengan Arduino IDE di komputer atau juga Arduinodroid di Smartphone. DOWNLOAD Jam dengan LED dot matrix dan Wemos D1 Mini ini sangat simpel dan cocok untuk rumah ataupun mobil. Kita bisa menggunakan LED dengan warna yang kita sukai seperti merah, biru atau putih. Dengan cahaya lampu yang menunjukkan angka-angka maka sangat cocok di tempat yang gelap sekalipun. VERSI 1 Dalam video ini merupakan jam dengan NTP (Network Time Protocol) Keunggulan jam ini adalah akurat karena menyesuaikan dengan server. Kelemahan jam ini harus terkoneksi internet. Kalau tidak ada internet maka jam tidak muncul. VERSI 2 Versi kedua jam ini perlu menambahkan sebuah modul yaitu Modul RTC (Real Time Clock). Keunggulannya tidak perlu koneksi internet. Video versi ke 2 dgn RTC ini akan kami update di deksripsi (coming soon...) #rtc #wemos #nodemcu #ledmatrix

Menentukan Letak Astronomis suatu Wilayah pada Peta

Letak atau Lokasi suatu wilayah berdasarkan lintang dan bujur disebut dengan letak astronomis. Garis Lintang 0 0 disebut dengan garis Khatulistiwa (equator) yang membagi bumi menjadi bagian utara yang disebut dengan Lintang Utara (LU) dan bagian selatan yang disebut dengan Lintang Selatan (LS). Garis lintang menjadi dasar pembagian iklim yang didasarkan pada sudut datang matahari, sedangkan garis bujur 0 0 yang berada di kota Greenwich membagi belahan bumi menjadi belahan bumi Barat yang dikenal dengan Bujur Barat (BB) dan belahan bumi Timur yang dikenal dengan Bujur Timur (BT). Garis bujur 0 0 yang dipergunakan sebagai dasar pembagian waktu di berbagai wilayah (negara). Garis lintang dan bujur merupakan garis khayal artinya kita tidak menjumpai garis ini secara nyata di bumi. Garis Lintang kenampakannya horizontal, sedangkan Garis Bujur kenampakannya vertikal pada peta atau globe. Berdasarkan konsep Geografi, letak/lokasi terbagi dua yaitu letak absolut dan letak relat...

JAM DIGITAL KEREN DENGAN HARI, BULAN BERBAHASA INDONESIA DAN BISA RUNNING TEKS

Di versi sebelumnya kita sudah membuat jam digital dengan LED dot matrix dan modul Wemos D1 Mini. Akan tetapi versi tersebut kayaknya masih banyak kekurangan, misalnya hari belum ada dan bulannya masih bahasa Inggris.  Setelah berselancari di berbagai kanal youtube, saya menemukan versi yang lebih baik dan recomended dibanding versi sebelumnya. Keunggulannya 1. Software selalu diupdate oleh pemilik program Coding 2. Hari,tgl bisa bahasa Indonesia, Inggris, China 3. Font (huruf) Jam bisa Bold maupun tipis 4. Bisa menambahkan Running teks tambahan 5. Bisa mengatur kecerahan jadi menghemat LED dan listrik 6. Bisa disambung ke RTC jadi ketika internet mati, jam beralih mode RTC dll pokoknya keren... Kelemahan 1. File coding yang dibagikan hanya dalam bentuk bin bukan ino sehingga pengguna yang penasaran tidak bisa mengutak atik program codingnya. Jadi untuk memasukkan program ke wemos kita perlu menginstal ESP8266 Flasher. Akan tetapi walaupun hanya dibagikan versi bin saja, pencipta n...