Langsung ke konten utama

Taksonomi Bloom : Kata Kerja Operasional (KKO), Kognitif yang Lebih Tinggi (HOTs)

Pendahuluan

Bapak/ibu guru, dalam membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) pada kurikulum 2013 (K13) pastinya kita akan perlu menentukan kata kerja operasional yang tepat untuk merumuskan Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) yang ingin dicapai serta indikatornya.

Pada KI.1 merupakan Kompetensi Sikap Spiritual dan KI.2 yang merupakan Kompetensi Sikap Sosial, memang tidak akan muncul pada soal akan tetapi rumusan kata kerja operasional tetap juga dibuat pada RPP. Misalnya pada KI.1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Untuk menilai sikap itu mungkin tidak akan muncul di soal evaluasi karena sikap spiritualnya dapat kita lihat dari kebiasaan sehari-hari yang berhubungan dengan norma agama, tetapi dalam Kompetensi Dasar .1 (KD.1), wajib dirumuskan juga kata kerja operasional untuk melihat kompetensi nya itu misalnya KD I : Mensyukuri kondisi keragaman flora dan fauna di Indonesia yang melimpah sebagai karunia Tuhan Yang Maha Esa. Nah, pada rumusan KI.1 dan KD.1 di atas, kata kerja operasional Menghayati, mengamalkan dan mensyukuri merupakan ranah sikap (afektif).

Penerapan kata kerja operasional untuk KI 1(sikap spiritual) dan KI 2 (sikap Sosial) mungkin tidak akan muncul di soal evalusi (tes). Berbeda dengan KI 3 dan KD.3 (pengetahuan) dan KI 4 dan KD.4 (keterampilan), selain dirumuskan di RPP, dalam soal evaluasi juga akan muncul kata kerja operasional untuk menilai ranah pengetahuan dan keterampilan peserta didik. Misalnya pada Kompetensi Inti 3 (KI 3), kita ingin melihat pemahaman peserta didik dan Kompetensi Inti 4 (KI4) kita aingin melihat penerapan, maka kata kerja yang dipakai pasti berbeda. Kata kerja operasional yang dipakai di KI 3 dan KI 4 akan diturunkan dalam Kompetensi Dasar (KD) baik KD 3 dan KD 4 dan juga soal-soal evaluasi (tes).

Dalam membuat soal, kadang kita sebagai guru tidak membedakan mana soal untuk menguji pemahaman, penerapan, sikap dan lain-lain. Kita sebagai guru secara jujur pasti ingin membuat soal secepat mungkin, yang penting soal itu mencakup materi yang dipelajari. Akan tetapi kesalahan kita adalah kita sering hanya melihat nilai pada ranah tertentu dan melupakan ranah yang lain. Padahal jika semua ranah itu dimasukkan ke dalam soal sesuai KI dan KD di RPP, mungkin saja kemampuan anak-anak menjadi lebih nampak dan kita dapat menyimpulkan pada ranah mana kemampuan anak-anak yang masih kurang dan perlu diperdalam bukan?

Nah, untuk itu berikut ini beberapa kata kerja operasional (KKO) menurut Bloom yang dapat dijadikan acuan dalam membuat KI, KD dan tentunya berhubungan dengan kalimat tanya pada soal yang akan kita buat saat mengevaluasi hasil belajar.

Kata kerja operasional (KKO) edisi revisi teori Bloom

A. Ranah Kognitif

1. Mengingat (C1)

Mengenali, Mengingat kembali, Membaca, Menyebutkan, Melafalkan/melafazkan, Menuliskan, Menghafal

2.Memahami (C2)

Menjelaskan, Mengartikan, Menginterpretasikan, Menceritakan, Menampilkan, Memberi contoh, Merangkum, Menyimpulkan, Membandingkan, Mengklasifikasikan, Menunjukkan, Menguraikan, Membedakan, Mengidentifikasikan

3. Menerapkan (C3)

Melaksanakan, Mengimplementasikan, Menggunakan, Mengonsepkan, Menentukan, Memproseskan.

4. Menganalisis (C4)

Mendiferensiasikan, Mengorganisasikan, Mengatribusikan, Mendiagnosis, Memerinci, Menelaah, Mendeteksi, Mengaitkan, Memecahkan, Menguraikan

5. Mengevaluasi (C5)

Mengcek, Mengkritik, Membuktikan, Mempertahankan, Memvalidasi, Mendukung, Memproyeksikan

6. Menciptakan (C6)

Membangun, Merencanakan, Memproduksi, Mengkombinasikan, Merangcang, Merekonstruksi, Membuat, Menciptakan, Mengabstraksi

B. Ranah Sikap

1. Menerima (A1)

Mengikuti, Menganut, Mematuhi, Meminati

2. Merespon (A2)

Mengompromikan, Menyenangi, Menyambut, Mendukung, Menyetujui, Menampilkan, Melaporkan, Memilih, Mengatakan, Memilah, Menolak

3. Menghargai (A3)

Mengasumsikan, Meyakini, Meyakinkan, Memperjelas, Memprakarsai, Mengimani, Menekankan, Menyumbang

4. Mengorganisasikan (A4)

Mengubah, Menata, Mengklasifikasikan, Mengombinasikan, Mempertahankan, Membangun, Membentuk pendapat, Memadukan, Mengelola, Menegosiasi, Merembuk

5. Karakterisasi Menurut Nilai (A5)

Membiasakan, Mengubah perilaku, Berakhlak mulia, Mempengaruhi, Mengkualifikasi, Melayani, Membuktikan, Memecahkan

C. Ranah Psikomotor

1. Meniru (P1)

Menyalin , Mengikuti, Mereplikasi, Mengulangi, Mematuhi

2. Manipulasi (P2)

Kembali membuat, Membangun, Melakukan, Melaksanakan, Menerapkan

3. Presisi (P3)

Menunjukkan , Melengkapi, Menunjukkan, Menyempurnakan, Mengkalibrasi, Mengendalikan

4. Artikulasi (P4)

Membangun, Mengatasi, Menggabungkan Koordinat, Mengintegrasikan, Beradaptasi, Mengembangkan, Merumuskan, Memodifikasi Master

5. Naturalisasi (P5)

Mendesain, Menentukan, Mengelola, Menciptakan

Kognitif LOTs dan HOTs

Terdapat 2 tingkatan Ranah Kognitif yaitu

1. Kognitif yang lebih rendah (LOTs: low order thinking skills)

Pada kognitif yang lebih rendah (LOTs) mencakup pengetahuan, pemahaman dan penerapan.

a). Pengetahuan (knowledge)

Kata kunci pertanyaan yang dapat digunakan ranah ini yaitu :
Apa...
Siapa...
Kapan...
Di mana...
Sebutkan...
Jodohkan, atau pasangkan...
Persamaan kata...
Golongkan...
Berilah nama...

b). Pemahaman (comprehension)

Kata kunci pertanyaan yang dapat digunakan ranah ini yaitu :

Terangkahlah...
Bedakanlah...
Terjemahkanlah...
Simpulkan...
Bandingkan...
Ubahlah...
Berikanlah interpretasi...

c). Penerapan (application)

Kata kunci pertanyaan yang dapat digunakan ranah ini yaitu :

Gunakanlah...
Tunjukkanlah...
Buatlah...
Demonstrasikanlah...
Carilah hubungan...
Tulislah contoh...
Siapkanlah...
Klasifikasikanlah...

2. Kognitif yang lebih tinggi (HOTs: high order thinking skills)

Pada kognitif yang lebih tinggi (HOTs) mencakup : Analisis, sintesis, dan evaluasi)

a) Analisis (analysis)

Kata kunci pertanyaan yang dapat digunakan ranah ini yaitu :
Analisislah...
Kemukakan bukti-bukti…
Mengapa…
Identifikasikan…
Tunjukkanlah sebabnya…
Berilah alasan-alasan…

b). Sintesis (synthesis)

Kata kunci pertanyaan yang dapat digunakan ranah ini yaitu :

Ramalkanlah…
Bentuk…
Ciptakanlah…
Susunlah…
Rancanglah...
Tulislah…
Bagaimana kita dapat memecahkan…
Apa yang terjadi seandainya…
Bagaimana kita dapat memperbaiki…
Kembangkan…

c). Evaluasi (evaluation)

Kata kunci pertanyaan yang dapat digunakan ranah ini yaitu :

Berilah pendapat…
Alternatif mana yang lebih baik…
Setujukah anda…
Kritiklah…
Berilah alasan…
Nilailah…
Bandingkan…
Bedakanlah…

Itulah jenis Kata Kerja Operasional (KKO) dalam merumuskan RPP ataupun membuat soal tes evaluasi dan Jenis kata tanya yang tepat untuk menilai ranah kognitif peserta didik. Semoga bermanfaat dalam membantu teman-teman guru saat menyusun RPP dan juga soal-soal evaluasi. Good Job!!

Referensi : dirangkum dari berbagai Sumber

Komentar

Postingan populer dari blog ini

JAM DIGITAL DOT MATRIX DENGAN NTP SERVER

JAM DENGAN NTP SERVER Berikut ini file dalam bentuk ino yang dapat dimasukkan ke wemos d1 mini. Bisa dibuka dengan Arduino IDE di komputer atau juga Arduinodroid di Smartphone. DOWNLOAD Jam dengan LED dot matrix dan Wemos D1 Mini ini sangat simpel dan cocok untuk rumah ataupun mobil. Kita bisa menggunakan LED dengan warna yang kita sukai seperti merah, biru atau putih. Dengan cahaya lampu yang menunjukkan angka-angka maka sangat cocok di tempat yang gelap sekalipun. VERSI 1 Dalam video ini merupakan jam dengan NTP (Network Time Protocol) Keunggulan jam ini adalah akurat karena menyesuaikan dengan server. Kelemahan jam ini harus terkoneksi internet. Kalau tidak ada internet maka jam tidak muncul. VERSI 2 Versi kedua jam ini perlu menambahkan sebuah modul yaitu Modul RTC (Real Time Clock). Keunggulannya tidak perlu koneksi internet. Video versi ke 2 dgn RTC ini akan kami update di deksripsi (coming soon...) #rtc #wemos #nodemcu #ledmatrix

JAM DIGITAL KEREN DENGAN HARI, BULAN BERBAHASA INDONESIA DAN BISA RUNNING TEKS

Di versi sebelumnya kita sudah membuat jam digital dengan LED dot matrix dan modul Wemos D1 Mini. Akan tetapi versi tersebut kayaknya masih banyak kekurangan, misalnya hari belum ada dan bulannya masih bahasa Inggris.  Setelah berselancari di berbagai kanal youtube, saya menemukan versi yang lebih baik dan recomended dibanding versi sebelumnya. Keunggulannya 1. Software selalu diupdate oleh pemilik program Coding 2. Hari,tgl bisa bahasa Indonesia, Inggris, China 3. Font (huruf) Jam bisa Bold maupun tipis 4. Bisa menambahkan Running teks tambahan 5. Bisa mengatur kecerahan jadi menghemat LED dan listrik 6. Bisa disambung ke RTC jadi ketika internet mati, jam beralih mode RTC dll pokoknya keren... Kelemahan 1. File coding yang dibagikan hanya dalam bentuk bin bukan ino sehingga pengguna yang penasaran tidak bisa mengutak atik program codingnya. Jadi untuk memasukkan program ke wemos kita perlu menginstal ESP8266 Flasher. Akan tetapi walaupun hanya dibagikan versi bin saja, pencipta n...

Menentukan Letak Astronomis suatu Wilayah pada Peta

Letak atau Lokasi suatu wilayah berdasarkan lintang dan bujur disebut dengan letak astronomis. Garis Lintang 0 0 disebut dengan garis Khatulistiwa (equator) yang membagi bumi menjadi bagian utara yang disebut dengan Lintang Utara (LU) dan bagian selatan yang disebut dengan Lintang Selatan (LS). Garis lintang menjadi dasar pembagian iklim yang didasarkan pada sudut datang matahari, sedangkan garis bujur 0 0 yang berada di kota Greenwich membagi belahan bumi menjadi belahan bumi Barat yang dikenal dengan Bujur Barat (BB) dan belahan bumi Timur yang dikenal dengan Bujur Timur (BT). Garis bujur 0 0 yang dipergunakan sebagai dasar pembagian waktu di berbagai wilayah (negara). Garis lintang dan bujur merupakan garis khayal artinya kita tidak menjumpai garis ini secara nyata di bumi. Garis Lintang kenampakannya horizontal, sedangkan Garis Bujur kenampakannya vertikal pada peta atau globe. Berdasarkan konsep Geografi, letak/lokasi terbagi dua yaitu letak absolut dan letak relat...